Sumber Makanan untuk Meningkatkan Sel Darah Merah (Penjelasan)



Sel darah merah sangat penting dalam tubuh kita untuk mengangkut darah yang kaya oksigen ke jaringan tubuh dan untuk menghilangkan karbon dioksida dari tubuh kita. Sel darah merah berwarna merah karena mengandung protein kaya zat besi yang disebut hemoglobin, yang berwarna merah sangat cerah. Seiring waktu, sel-sel darah merah aus dan kemudian mati. Sumsum tulang secara terus-menerus membuat lebih banyak sel darah merah. Makanan tertentu dapat meningkatkan produksi sel darah merah.

Anemia:
Anemia adalah kondisi di mana tubuh Anda memproduksi terlalu sedikit sel darah merah atau setiap sel mungkin mengandung sedikit hemoglobin. Biasanya jenis anemia yang paling umum disebut anemia defisiensi besi karena biasanya berhubungan dengan konsumsi rendah zat besi. Ahli Suplemen Diet dapat merekomendasikan bahwa pria dewasa dan wanita pasca-menopause mengkonsumsi setidaknya 8 mg zat besi setiap hari, sementara wanita usia menstruasi membutuhkan lebih banyak, sekitar 18 mg setiap hari. Mengkonsumsi makanan kaya vitamin C dalam jumlah yang cukup seperti buah jeruk juga membantu meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan. Wanita membutuhkan setidaknya 75 mg dan pria 90 mg vitamin C setiap hari.

Makanan Kaya Besi:
Tubuh Anda menggunakan zat besi mineral untuk membuat hemoglobin. Hemoglobin juga membantu membawa dan kemudian menyimpan oksigen di dalam tubuh. Mengkonsumsi makanan yang kaya zat besi dapat mencegah anemia dan kemudian membantu menjaga agar sel-sel Anda dipenuhi dengan oksigen. Sumber zat besi bisa didapat dari daging merah, daging organ seperti ginjal dan hati, lentil, kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau gelap, seperti bayam dan kemudian kale, plum kering, kismis kering, dan kuning telur.

Makanan Kaya Asam Folat:
Asam folat, juga dikenal sebagai vitamin B9, adalah vitamin B-kompleks yang membantu tubuh untuk membuat sel darah merah yang sehat. Pasien dengan kadar asam folat yang rendah sering menyebabkan anemia. Pasien dapat meningkatkan sel darah merah di dalam tubuh mereka dengan mengkonsumsi makanan yang kaya asam folat. Contoh makanan dengan jumlah asam folat yang tinggi dapat meliputi roti dan sereal yang diperkaya, sayuran berdaun hijau, seperti kale dan kacang kering, bayam, kacang polong dan kacang dll.

Makanan kaya Vitamin B-12 :
Vitamin B-12 adalah vitamin B kompleks yang sangat penting untuk sintesis DNA dan produksi sel darah merah di sumsum tulang. Tingkat B-12 yang rendah menyebabkan pembelahan sel abnormal di sumsum tulang yang menghasilkan sel darah merah besar yang belum matang yang dikenal sebagai megaloblas. Pasien dengan megaloblas dapat menderita anemia megaloblastik karena sel darah merah yang abnormal tidak dapat menyimpan atau mengangkut oksigen ke jaringan. Vitamin B-12 secara alami ditemukan dalam berbagai macam makanan hewani dan ditambahkan ke beberapa makanan yang diperkaya. Sumber vitamin B-12 dapat berupa telur, ikan, hati sapi, daging merah, susu, produk susu, sereal sarapan yang diperkaya, dan kemudian ragi gizi.

semoga bermanfaat

0 Response to "Sumber Makanan untuk Meningkatkan Sel Darah Merah (Penjelasan)"

Post a Comment