Apa Itu Blog ? Penjelasan Singkat



Pengertian Blog.

Untuk melangkah lebih jauh apa itu blog kita harus tahu pengertian dari blog. Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik, meskipun tidak selamanya demikian.
Blog merupakan sebuah wadah online sebagai situs web terdiri dari halaman-halaman yang memuat berbagai tulisan dalam format teks yang bisa disisipi gambar dan yang lainnya ditampilkan dengan aplikasi web berupa sistem manajemen konten dari setiap topik yang ditulis untuk disajikan sebagai bentuk informasi.


Apa itu blogger

Blogger adalah orang yang menggunakan wadah blog tersebut untuk sarana atau media menulis dan berbagi informasi internet dalam bentuk tulisan maupun gambar. Diera sekarang blog sangat interaktif, jadi blog bukan hanya untuk media memberikan informatif atau menulis sesuatu tapi bisa juga sebagai wadah interaktif antara blogger dengan pengunjung blog bisa dengan media chatting, komentar, video, live streaming, dll


Beda blog dengan website

1. Dari segi pengguna biasanya blog digunakan secara pribadi (satu orang), website biasanya digunakan oleh beberapa orang atau sesuai tujuan dibuatnya wadah tersebut
Kalangan profesional lebih memilih website dibanding blog dikarenakan lebih kompleks dibanding blog yang biasanya sangat sederhana
tujuan dibuatnya blog untuk digunakan tulis menulis dan sebagai media informatif dan lama lama bergeser ke tujuan komersil atau bisnis online, sedangkan website awalnya memang untuk tujuan komersil, bisnis online dan profil perusahaan.

2. Dari segi biaya dan kemudahan blog lebih murah dan lebih mudah digunakan karena penyedia layanan blog memberikan prasarana ini secara gratis tanpa bayaran sedikitpun, hanya dengan mendaftar anda sudah memiliki blog dan tersedianya design template gratis anda bisa dengan mudah membuat blog yang keren dan ciamik
sedangkan website biasanya berbayar karena diharuskan memiliki nama domain dan hosting yang tidak gratis. Website memiliki template yang lebih dinamis atau tidak kaku ketika digunakan untuk berbagai keperluan dan kebutuhan dikarenakan coding yang tepat dan kompleks dibanding blog, blog akan terlihat aneh dan terlihat dipaksakan ketika digunakan bukan untuk tulis menulis seperti bisnis online misalnya.


6 Elemen Utama Template Blog

Berdasarkan tata letaknya, secara umum template blog terdiri dari 6 elemen utama, yaitu :

Body
Body atau tubuh merupakan bagian dari HTML yang bertanggung jawab untuk menampilkan elemen-elemen blog. Semua elemen blog harus berada di dalam body agar dapat ditampilkan.

Wrapper
Wrapper atau sering disebut juga sebagai outer-wrapper merupakan wadah pembungkus terluar elemen-elemen blog setelah body.

Header-Wrapper
Header-wrapper merupakan bagian yang bertanggung jawab terhadap tampilan header blog. Header-wrapper menempati bagian paling atas sebuah blog. Biasanya berisi informasi judul dan deskripsi blog.

Content-Wrapper
Content-wrapper adalah bagian yang mengatur tampilan posting. Posisinya biasanya berada di tengah dan berfungsi sebagai tempat konten atau isi blog.

Sidebar-Wrapper
Sidebar-wrapper adalah bagian yang mengatur tampilan sidebar. Letaknya biasanya berdampingan dengan content-wrapper karena bertindak sebagai pendukung. Sidebar-wrapper biasanya berisi widget atau gadget, informasi penulis, kolom pencarian, dan sebagai tempat iklan.

Footer-Wrapper
Footer-wrapper merupakan bagian yang bertanggung jawab mengatur tampilan footer blog. Footer-wrapper menempati bagian paling bawah sebuah blog. Biasanya footer-wrapper dimanfaatkan oleh pengelola blog sebagai tempat untuk menginformasikan kontak pengelola blog atau sebagai tempat memasang iklan.



Penjelasan singkat :

#wrapper untuk mengatur template secara keseluruhan.
#header-wrapper mengatur tampilan header.
.header untuk mengatur bagian header secara lebih spesifik. Misal mengatur judul blog.
#content-wrapper mengatur bagian konten atau posting.
#sidebar-wrapper mengatur tempat widget.
#footer-wrapper mengatur bagian footer.

Sekian dari saya penjelasan singkat apa itu blog
anda bisa mempunyai sebuah blog dengan mendaftar disini BLOGGER atau WORDPRESS


0 Response to "Apa Itu Blog ? Penjelasan Singkat"

Post a Comment