Headlines News :
Home » » DeepFreeze

DeepFreeze

Written By Rewin Satria on Jumat, 20 April 2012 | 05.50

Cara Meng-install & Pemakaian DeepFreeze
Kata Pengantar
Tujuan dari cara menginstall & pemakaian Deep Freeze ini adalah mempermudah pengguna bagi yang awam maupun yang sudah mahir. Dan disediakan sebagai referensi untuk pertanyaan- pertanyaan umum yang sering ditanyakan ketika menginstall dan menggunakan software ini.

Sumber Panduan Deep Freeze
Panduan untuk pengguna, tutorial video, dan dokumentasi lainnya pada Deep Freeze Standard tersedia pada: www.faronics.com/library.

Apa Itu Deep Freeze?
Deep Freeze ialah sebuah software yang mencegah perubahan permanen apapun yang dilakukan pada PC anda. Deep Freeze mempunyai dua mode: Froozen dan Thawed. Ketika Deep Freeze dalam mode Froozen, perubahan apapun yang telah dilakukan pada PC akan dilupakan ketika PC di-restart. Ketika Deep Freeze dalam mode Thawed, perubahan apapun yang telah dilakukan pada PC akan dipertahankan ketika PC di-restart. Saat membuat perubahan pada PC, seperti meng-install software atau melakukan update, computer harus dalam keadaan mode Thawed. Reboot/restart dilakukan jika ada perubahan pada PC anda. Misalnya, anda mau meng-install software atau meng-update software(misal: Anti Virus) panggil Deep Freeze pilih dalam mode Boot Thawed lalu restart setelah restart PC berada dalam mode Thawed dan anda bisa meng-install software yang dibutuhkan, setelah selesai panggil Deep Freeze, pilih mode Boot Frozen lalu restart kembali. PC anda akan kembali dalam mode Frozen.

Deep Freeze Membutuhkan…
Deep Freeze membutuhkan minimal Windows 95/98/Me/2000/Xp dan 10% ruang Hard Disk. Untuk hardware sama seperti yang direkomendasikan pada Sistem Operasi masing-masing Windows.

Meng-install Deep Freeze Standard
Ketika akan menginstall Deep Freeze, tutup dan matikan semua software yang berjalan pada background dan software Anti Virus. Lengkapi langkah-langkah berikut dalam meng-install Deep Freeze Standard:
1. Dobel klik file DeepFreezeSTDEval.exe untuk memulai proses installasi. Installasi Deep Freeze Standard akan menampilkan menu.
2. Pilih drive mana yang mau di-Freeze (saran: sebaiknya hanya pada Drive C), klik Install untuk memulai meng-installasi. Ikuti langkah-langkah yang muncul. Baca dan terima persetujuan lisensi. Pada akhir peng-installan, PC akan reboot/restart. Setelah reboot Deep Freeze sudah di-install.
3. Sesudah reboot, sebuah pesan pengisian Password akan muncul. Pesan ini mengijinkan anda memasukkan kata kunci atau bahasa kerennya password untuk Deep Freeze. Pesan ini akan muncul selama 10 detik. Jika anda tidak memasukkan password sebelum pesannya menghilang, anda bisa mengaturnya nanti alias masukin kata passwordnya nanti aje.

Meng-uninstall Deep Freeze Standard
Pilihan untuk uninstall DeepFreeze hanya tersedia jika DeepFreeze sudah di-install pada PC anda atau pada jaringan. DeepFreeze harus dalam keadaan mode Thawed untuk melakukan uninstall. Untuk meng-uninstall Deep Freeze, seperti biasa lengkapi langkah-langkah berikut:
1. Dobel klik pada file DeepFreezeSTDEval.exe
2. Pilih Uninstall.

Pemakaian DeepFreeze
Ketika dalam keadaan Froozen, ikon muncul dengan ikon beruang di System Tray (pojok kanan bawah dekat jam) setelah installasi. Mengindikasikan Sistem pada PC di lindungi oleh Deep Freeze.

Ketika dalam keadaan Thawed, ikon dengan tanda silang pada ikon beruang muncul di System Tray (pojok kanan bawah dekat jam) setelah installasi. Mengindikasikan Sistem pada PC tidak di lindungi oleh Deep Freeze.

Untuk mencobanya kehebatan dari Deep Freeze, coba anda menghapus atau merubah toolbar, mengganti gambar pada desktop, atau yang lebih mahir mengubah registry. Semua perubahan akan hilang ketika PC di-restart, dengan catatan Deep Freeze dalam keadaan mode Frozen.

Mengakses/memanggil dialog pengendalian Deep Freeze
Untuk mengakses dialog pengendalian DeepFreeze dengan menekan tombol kombinasi:
Tekan CTRL + SHIFT + ALT + F6 . Lalu dialog Password Deep Freeze muncul. Masukkan password anda (Anda bisa memasukkan password jika diawal peng-installan belum memasukkan password,dengan cara setelah muncul pesan dialog pengendalian DeepFreeze tekan ENTER pilih tab Password masukkan Password anda pada kolom Password, masukan kembali Password anda pada kolom Confirm Password, klik OK. Ingat jangan lupa / salah memasukkan Password)

Catatan Keamanan Deep Freeze
DeepFreeze tidak bisa melindungi PC jika booting pada Floopy Drive atau CD-ROM Drive. Registry Windows dilindungi melalui dalam Windows.

source: http://verdiangituloh.blogs.friendster.com/

Bagian II

Penyelamat PC Deep Freeze
 Salah satu penyebab terbesar sebuah computer di install ulang adalah karena computer tersebut terinfeksi oleh virus. Berapa biaya yang dikeluarkan untuk satu kali proses install computer, tak hanya itu, berapa banyak data penting kita menjadi hilang saat computer kita di install ulang. Untuk itu kita butuh tips agar computer kita kebal dari virus dan juga tidak sering di install ulang.

Masalah Virus komputer memang masalah yang bisa dibilang cukup menakutkan. Bagaimana tidak, pada suatu ketika saat komputer sedang dibutuhkan tiba-tiba ngadat dan error. Meskipun hal tersebut bisa diatasi dengan menggunakan software antivirus. Tapi, cara itu sebenarnya kurang efektif. Karena antivirus biasanya harus rutin diupdate. Update antivirus juga tak dapat dilakukan bila computer tidak terhubung ke internet.

Untuk mensiasati hal tersebut kita memerlukan software untuk mengamankan komputer kita dari virus. Software ini tentunya harus simple, tanpa update, tanpa bayar dan mudah digunakan. Software itu adalah Deep freeze.
Software Deep freeze terbilang cukup ampuh untuk mengamankan komputer kita dari virus. Cara kerja Deep freeze adalah akan mengembalikan kembali data-data yang telah di deepfreeze seperti semula ketika komputer direstart. Jadi, kalau komputer direstart, maka secara otomatis virus virus yang menjangkiti komputer kita akan hilang dengan sendirinya.

CARA MENGGUNAKAN SOFTWARE DEEP FREEZE.
Install deep Freeze pada drive yang tidak digunakan untuk menyimpan data. Karena begitu komputer direstart maka data-data yang tersimpan pada drive yang diinstall deep freeze akan hilang dan kembali seperti semula. Pilihlah drive C untuk menginstall Deep freeze. Sedangkan drive D untuk menyimpan data.
Setelah proses instalasi selesai, maka komputer akan restart dan kamu akan disuruh memasukkan password. Ingatlah password tersebut. Namun, jika lupa masih bisa diakali dengan menggunakan Undeepfreeze.
Selesai

Deep Freeze juga bisa dinonaktifkan jika suatu ketika kamu ingin menginstall software baru di drive C. Caranya dengan menekan tombol CTRL+ALT+SHIFT+F6, masukkan password. Lalu rubahlah ke mode Boot Thawed dan restart komputer. Deep freeze sekarang sudah nonaktif.

Untuk mengaktifkan kembali tinggal merubah ke mode boot frozen lalu restart komputer. Untuk Uninstall Deep freeze harus dalam mode Thawed (nonaktif). Dan untuk melakukan uninstall bisa dengan menggunakan Deep Freeze yang sama ketika kita menginstallnya.

http://www.farisvio.com/2011/07/penyelamat-pc-deep-freeze.html
Share this article :

4 komentar:

  1. Tolong gan, ini saya habis install deep freeze kok pas restart malah balik-balik restart terus yah ? Kenapa yah gan ? Tolong bantuannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu mungkin karena installnya pakai flashdisk atau disk eksternal (cd rom, etc)

      problem:
      Deep Freeze tidak hanya mencatat registrasi software saja namun Deep Freeze juga mencatat registrasi komponen atau hardware yang ter pasang di komputer kita. sehingga ketika saya menginstal Deep Freeze dari Falshdisk dia juga merigester flasdih yang terpasang dan ketika flashdisk di cabut dan komputer restar maka saat hidup kembali Deep Freeze akan mencari komponen yang teregister, dan apa bila Deep Freeze tidak menemukan komponen tersebut maka komputer akn restart terus....

      solusi:
      1. coba matikan deepfreeze sebelum masuk windows
      http://alfi-fadlan.blogspot.com/2010/05/cara-mematikan-deepfreeze-secara-cepat.html
      2.http://damonwebster.blogspot.com/2012/06/tiga-cara-menghapusuninstall-deepfreeze.html

      Kesimpulannya : jika sobat ingin pasang Deep Freeze, sobat harus perhatikan CD Rome harus dalam keaadaan kosong ( tanpa Disk), jangan lupa periksa USB jangan sampai ada flasdisk atau external Hardisk yang masih terpasang...

      Hapus
    2. satu lagi
      kesini
      http://nofianto777.blogspot.com/2010/11/deep-freeze-rusak.html

      Hapus

Total Tayangan Laman

Arsip Blog

Popular Posts

 
Support : Creating Website | Rewin Template | Download Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2050. Indonesia get power - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Rewinsatria