Perkembangan Android Dari Masa Ke Masa

http://caritopiaman.blogspot.com/2015/10/dasar-pemrograman-android-pengenalan.html

Berikut adalah versi android yang dirilis:
  • Android versi 1.1
Pada 9 Maret 2009, Google merilis Android versi 1.1 Android Versi ini dilengkapi dengan pembaruan pada aplikasi, jam alarm, Voice search (pencarian suara), pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.
  • Android versi 1.5 (Cupcake)
Terdapat beberapa  pembaruan  termasuk  juga   penambahan Beberapa fitur dalam versi ini yakni kemampuan mereka dan  Menonton video dengan modus kamera, dukungan Bluetooth A2DP, Kemampuan terhubung secara otomatis ke headset  Bluetooth, animasi layar, dan keyboard pada layar yang dapat  disesuaikan dengan sistem dirilis pada pertengahan mei 2009.
             
Gambar Tampilan antar muka Android 1.5

  • Android versi 1.6 (Donut)
Donut(versi 1.6) dirilis pada September 2009 dengan menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibanding sebelumnya, Penggunaan baterai indicator dan control applet VPN Fitur Lainnya adalah galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan akan dihapus; kamera, camcorder dan galeri Yang dintegrasikan; CDMA / EVDO, VPN, Gestures, dan Text-to-Speech engine; kemampuan dial kontak, dan pengadaan resolusi WVGA .
Gambar  Tampilan antar muka Android 1.6
  • Android versi 2.0/2.1 (Éclair)  
Android  ini diluncurkan pada 3 December 2009. Dilakukan Perubahan, yaitu pengoptimalan hardware, perubahan UserInterface (UI) dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar Kontak yang baru, peningkatan Google Maps  3.1.2, dukungan  Flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1.
Gambar Tampilan antar muka Android 2.1
  • Android versi 2.2 (Froyo)
Pada 20 Mei 2010 kembali diluncurkan ponsel android dengan versi 2.2 (Froyo) perubahan yang dilakukan melipati optimasi kecepatan, memori,dan kenerja sistem operasi secara Keseluruhan, dukungan untuk menginstalasi aplikasi pada memori  eksternal, dukungan adobe flash 10.1 serta fungsi USB tethering Maupun Wifi hotspot. Android versi ini adalah yang paling banyak digunakan di ponsel di sepanjang tahun 2010 – akhir 2011, namun pada sepanjang 2012 android 2.3 menjadi versi yang paling banyak beredar.
Gambar  Tampilan antar muka Android 2.2
  • Android versi 2.3 (Gingerbread)
1 December 2010 Google kembali meluncurkan versi terbaru yaitu Android versi 2.3, Pada versi ini terdapat peningkatan manajemen daya, kontrol melalui aplikasi, penggunaan multipel kamera,Peningkatan performa serta penambahan sensor seperti gyroscope.Versi ini adalah yang paling banyak digunakan di ponsel. Tercatat di tahun 2012 (sumber android.com) bahwa penggunaan versi 2.3 sudah mencapai 60 % lebih. Sebuah ponsel yang menjalankan android versi 2.3 umumnya memiliki spesifikasi ponsel yang cukup tinggi, dikarenakan karena versi ini membutuhkan resource yang berbeda dengan yang sebelumnya sehingga umumnya prosesor ponsel yang menjalankan OS ini memiliki clock diatas 600mhz.
Gambar Tampilan antar muka Android 2.3
  • Android versi 3.0/3.1 (Honeycomb)
Versi ini berbeda dengan versi-versi sebelumnya. Versi ini dirancang khusus untuk PC Tablet. Selain itu, pada versi ini memungkinkan penggunaan multiprosesor dan akselerasi perangkat keras untuk grafis.  

Gambar  Tampilan antar muka android 3

  • Android 4.0 (Ice Cream Sandwich)
Dikeluarkan dikuartal keempat tahun 2011. ICS adalah versi android yang memiliki fitur serba lengkap dibanding versi sebelumnya , seperti fitur unlock menggunakan sensor wajah, tampilan yang menawan dan indah dan fitur NFC
Gambar  Tampilan antar muka Android 4.0

  • Android 4.1 (Jelly Bean)
Diungkap pada ajang Google I/O pada juni 2012 dengan perbaikan UI, tambahan fitur baru dan tentunya support device seperti USB, video game controller, dan lainnya. Dengan API baru serta penyempurnaan disisi NFC.
Gambar  Tampilan antar muka Android 4.1-4.3 Jelly bean
  • Android 4.4 (Kit Kat)
Dirilis pada september 2013 android ini adalah penyempurnaan versi sebelumnya Jelly bean dengan beberapa fitur baru, support hardware baru dan kemampuan berjalan pada perangkat wearable seperti smartwatch, dan pada versi ini pula penggunaan  Android Runtime sebagai pengganti Dalvik mulai diperkenalkan sehingga pada versi ini android semakin cepat nan gesit.
Gambar  Tampilan antar muka Android 4.4 Kit Kat
  • Android 5.0 (Lollipop)
Dirilis pada November 2014 pada versi ini Android mengalami perombakan besar-besaran. Dengan tampilan UI yang disebut Material Design Android lollipop menawarkan perbedaan besar dibanding versi sebelumnya. Juga pada versi ini Android Runtime (ART) mengganti secara default penggunaan Dalvik Runtime.Pada android versi ini pula disematkan proyek volta dimana android semakin irit baterai dan bisa disetup untuk penghematan baterai. Beberapa tambahan bahasa baru juga disematkan dan Lockscreen yang semakin interaktif.
Gambar  Tampilan antar muka Android 5.0  Lollipop

Pengembangan sistem operasi dan aplikasinya sendiri mengacu Pada empat prinsip, yaitu:

0 Response to "Perkembangan Android Dari Masa Ke Masa"

Post a Comment