Headlines News :
Home » » Manusia Bisa Hidup Tanpa 7 Organ Ini

Manusia Bisa Hidup Tanpa 7 Organ Ini

Written By Rewin Satria on Kamis, 28 Maret 2013 | 18.49


Paus Fransiskus yang terpilih menggantikan Paus Benediktus XVI diberitakan telah menjalani operasi pengambilan sebagian paru-parunya saat remaja. Berdasarkan informasi dari Vatikan, itu tidak akan menjadi penghalang bagi Paus dalam melaksanakan tugasnya.
Operasi itu dilakukan 40 tahun yang lalu. Pada saat itu, prosedur ini dilakukan untuk menghilangkan infeksi alami paru-paru seperti tuberkulosis. Demikian dilansir NBC News.
Seperti halnya dengan sebagian paru-paru, manusia pun dapat bertahan hidup dan menjadi sehat tanpa beberapa organ, seperti berikut ini.
  • Paru-paru.
    Manusia bisa hidup jika salah satu paru-parunya diambil. Ketika salah satu paru-paru diambil, paru-paru lainnya akan diperluas untuk menampung udara yang seharusnya ditampung oleh paru-paru yang telah diambil. Hidup dengan hanya satu paru-paru biasanya tidak akan mempengaruhi kesehatan sehari-hari seseorang, tetapi kemungkinan besar mereka tidak bisa melakukan olahraga, aktivitas berat, dan tidak sesehat orang dengan dua paru-paru, jelas Dr. Len Horovitz dari Lenox Hill Hospital di New York City.
  • Ginjal.
    Manusia memiliki dua ginjal, tetapi masih dapat bertahan hidup dengan satu ginjal. Orang bisa lahir dengan hanya satu ginjal atau satu ginjal mereka telah diambil karena cedera atau penyakit. Pada umumnya, orang-orang yang hanya memiliki satu ginjal dapat hidup sehat dan normal. Demikian menurut The National Kidney Foundation.
  • Limpa.
    Limpa bertugas menyaring darah dan membantu tubuh mencegah infeksi. Tapi tidak begitu penting untuk kelangsungan hidup. Limpa adalah organ yang bisa diambil. Orang-orang masih bisa hidup tanpa limpa, tetapi mereka akan lebih rentan terhadap infeksi.
  • Organ reproduksi.
    Wanita yang terkena kanker serviks, nyeri panggul kronis, atau penyakit berbahaya yang menyerang organ reproduksi biasanya akan menjalani prosedur histerektomi (operasi pengangkatan rahim). Sekitar satu dari tiga wanita di Amerika Serikat melakukan prosedur ini ketika mereka berusia 60 tahun. Pria juga bisa saja melakukan pengangkatan testis akibat kanker. Meskipun organ reproduksi diambil, orang masih bisa hidup normal, tapi tidak bisa memiliki keturunan.

Paus Fransiskus diberitakan masih dapat menjalankan tugasnya meski hanya dengan satu paru-paru. Manusia masih dapat hidup meski sebagian organnya sudah diambil. Paru-paru, ginjal, dan organ reproduksi merupakan contoh organ yang bisa diambil.
      Masih ada organ dalam tubuh manusia yang meski diangkat namun kita masih dapat hidup normal.

    • Lambung.
      Ketika seseorang memiliki kanker lambung, dokter biasanya akan melakukan prosedur gastrektomi, yang merupakan penghapusan seluruh lambung. Bila ini dilakukan, usus kecil akan terhubung dengan kerongkongan. Orang-orang yang telah mengalami pengangkatan lambung tidak dapat makan sebanyak mereka yang masih memiliki lambung. Biasanya mereka juga diharapkan untuk mengasup suplemen yang membuat tubuh lebih mudah menyerap vitamin. Meskipun demikian, orang tetap dapat hidup tanpa lambung.
    • Usus besar.
      Orang yang terkena kolitis atau penyakit Crohn biasanya menjalani pengangkatan usus besar. Orang bisa bertahan hidup tanpa usus besar, tetapi mereka mungkin memerlukan wadah di luar tubuh untuk mengumpulkan sampah. Namun, prosedur ini dapat dilakukan dengan membuat ‘tas’ kecil untuk menggantikan fungsi usus besar. Demikian menurut Mayo Clinic.
    • Usus buntu. Usus buntu adalah organ berbentuk tabung yang memanjang dari usus kecil dan besar. Usus buntu biasanya diambil ketika mengalami peradangan. Banyak orang telah mengalami pengangkatan usus buntu, tapi masih dapat hidup normal.
    Tanpa organ tubuh tersebut di atas, manusia memang masih bisa hidup. Namun, kesehatan mereka tidak akan seoptimal orang yang memiliki organ utuh. Karena itu, jagalah kesehatan baik-baik.


    Intisari
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Total Tayangan Laman

Popular Posts

 
Support : Creating Website | Rewin Template | Download Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2050. Indonesia get power - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Rewinsatria