Headlines News :
Home » » 7 Hal Menarik Tentang Google Maps

7 Hal Menarik Tentang Google Maps

Written By Rewin Satria on Sabtu, 10 Januari 2015 | 08.14



Berbicara tentang google, rasanya tidak lengkap jika tidak membicarakan tentang salah satu layanan google yang satu ini. Ya, adalah Google Maps salah satu layanan yang sangat membantu sekali ketika kita sedang berpergian. Entah seberapa besar investasi yang telah dikeluarkan google untuk aplikasi yang satu ini, Google maps tidak hanya memberikan informasi mengenai peta dan pemetaan suatu daerah, namun juga mampu memberikan petunjuk arah ke suatu lokasi yang akan kita tuju. Lebih dari itu, Google Maps juga mampu memberikan informasi mengenai kepadatan lalu lintas suatu wilayah, bahka memberikan pencitraan melalui darat ataupun udara.
Ada 7 fakta menarik yang perlu diungkap mengenai Google Maps yang menarik untuk kita ketahui. Berikut adalah ketujuh hal tersebut :

Berapa data yang ada di Google Maps?

Saat ini Google Maps hampir menjangkau seluruh wilayah di duni dan memang ada beberapa bagian dari dunia yang citranya masih belum masuk ke dalam database google maps. Sebagaimana data yang diungkap oleh Google ke publik pada tahun 2012 yang lalu, bila menggabungkan pencitraan satelit dari udara dan permukaan jalan, Google Maps memiliki lebih dari 20 petabyte data, yang sama dengan sekitar 21 juta gigabyte, atau sekitar 20.500 terabyte. Dan menurut Google, jumlah ini masih bisa terus bertambah besar lagi sebagaimana update yang terus dilakukan.

Seberapa Sering Update Data di Google Maps diperbarui?

Apabila anda sering sekali membuka Google Maps untuk suatu wilayah tertentu, mungkin anda akan mendapati citra yang anda dapatkan sebelumnya dengan citra yang anda dapatkan saat ini akan berbeda. Hal ini terkait dengan update data yang selalu dilakukan oleh Google Maps. Seberapa sering data diupdate sangat tergantung pada ketersediaan data, foto udara, dan satelit. Biasanya, gambar diperbarui setiap dua minggu atau malah bisa lebih. Sedangkan khusus gambar yang ada di Google Street View justru diperbarui secepat mungkin.

Bagaimana Google menyortir konten di Street View?

Nah, ini mungkin yang terkadang membuat kita bingung. Bagaimana cara menampilkan nama jalan di dunia secara tepat dan akurat. Tidak selamanya data yang diberikan Google pada Google Maps selalu benar. Berdasarkan apa yang disampaikan oleh juru bicara Google, Google senantiasa melakukan perbaikan apabila terjadi kesalahan data dengan cara meninjau setiap laporan yang disampaikan oleh user. Pengguna kadang-kadang melaporkan “momen aneh atau tidak menyenangkan” yang ditangkap dalam Google Maps, dan biasanya di Street View. Pengguna dapat melaporkan gambar dengan mengklik “laporkan masalah” di bagian bawah gambar, dan permintaan tersebut dipantau secara teratur dan ditanggapi oleh karyawan Google.

Apakah Google mengaburkan wajah setiap individu?

Google memiliki teknologi canggih yang secara otomatis akan membuat wajah dan plat kendaraan yang ditangkap oleh pencitraan Google Maps menjadi kabur. Hal tersebut bertujuan untuk melindungi privasi setiap orang di Street View. Bahkan apabila diinginkan, user dapat meminta tambahan pengaburan apabila memang diperlukan. Namun khusus untuk pencitraaan yang diambil dari udara, Google biasanya tidak melakukan pengaburan karena biasanya hasil pencitraan yang didapatkan kurang detail dengan resolusi gambar yang lemah.

Satelit apa yang digunakan untuk pencitraan dari atas?

Pertanyaan yang paling sering muncul adalah dari mana Google Maps mendapatkan setiap citra wilayah? Apakah Google memiliki satelit sendiri ataukah menggunakan satelit pihak lain? Ternyata hasil citra satelit yang ditunjukkan oleh Google Maps maupun oleh Google Earth didapatkan dari berbagai sumber dan pihak ketiga.

Apa jenis kamera yang digunakan untuk Street View?

Pada mulanya, gambar dalam Google Street View didapatkan dengan menggunakan lensa kamera yang memiliki kualitas citra yang rendah. Namun, untuk saat ini sistem yang digunakan dalam View kamera Street mempunyai 15 lensa yang mampu menghasilkan citra resolusi tinggi yaitu sekitar 65 megapiksel. Untuk proses pengambilan gambarnya, ketika Street View masih dalam proses percobaan, tim Google menggunakan mobil jenis SUV lalu memasangkan beberapa komputer di belakangnya, termasuk laser dan perangkat GPS yang di pasang di atas atap kendaraan.

Bagaimana bila lokasi susah dijangkau mobil Street View?

Selain menggunakan armada mobil untuk mendapatkan citra pada Street View, Google mempekerjakan trikes, troli, dan mobil salju untuk mendapatkan gambar pada street view. Trikes berfungsi untuk mendapatkan gambar atau foto di taman-taman, jalan, kampus-kampus, stadion-stadion olahraga, dan daerah lain yang tidak mampu dilakukan apabila menggunakan mobil. Sedangkan Troli, yang bentuknya seperti persilangan antara robot dan gerobak berbentuk kotak, digunakan untuk melakukan navigasi interior pada bangunan dan pintu. Sedangkan mobil salju digunakan untuk menangkap citra di medan yang bersalju.


Sumber : kitaindonesia.blogdetik.com, detik.com
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Rewin Template | Download Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2050. Indonesia get power - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Rewinsatria