Tips Mengatur Uang Sesuai Dengan Karakter Anda


Mempengaruhi gaya hidup Anda termasuk dalam hal mengelola keuangan Anda. Ada beberapa tipe karakter seperti si hemat, si pemboros, si penghambur, si pencemas, sang biksu dan sang master uang. Dengan mengenali kelebihan dan kekurangan karakter Anda, Anda dapat menemukan strategi untuk mengelola keuangan Anda dgn lebih baik.

1. Si hemat. Pribadi yang satu ini tidak suka membelanjakan uang untuk sesuatu yang tidak perlu, bahagia melihat rekening tabungan yang terus bertambah setiap bulan, senang menawar harga termurah saat berbelanja dan menjadikan pasar loak sebagai tempat belanja favorit. Anda seorang yang bisa hidup sesuai batas kemampuan Anda namun kurang berani mengambil resiko berinvestasi. Mungkin Anda harus lebih berani untuk memberi hadiah kecil untuk diri Anda sendiri dan tidak ada salahnya untuk mengambil sebuah investasi.

2. Si pemboros. Jika Anda orangnya, pasti Anda senang membeli barang-barang yang tidak diperlukan seperti aksesori fesyen, senang membuat orang terkesan dengan memberikan hadiah mahal, memiliki lebih dari dua kartu kredit. Anda seorang yang tahu untuk menikmati hidup ini namun gaya hidup boros yang Anda jalani mungkin akan membuat Anda terjebak dalam hutang. Jadi mulai kendalikan pengeluaran Anda dan tetapkan batasan dengan membuat anggaran pegeluaran Anda. Dan yang terpenting, kurangi jumlah kartu kredit yang Anda miliki.

3. Si penghambur. Anda mampu menahan diri untuk tidak membeli secangkir kopi di kafe mahal, namun tidak keberatan mengeluarkan uang untuk membeli satu set home theater berkualitas. Anda mencari penawaran terbaik saat membeli mesin cuci, namun tidak ragu mengeluarkan dompet untuk membayar tagihan saat makan di restoran bersama teman-teman. Sesungguhnya Anda memiliki naluri untuk menabung, tapi juga tidak pelit dan bisa menikmati pengeluaran Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah membatasi kegeluaran Anda.

4. Si pencemas. Jika Anda sering terbangun di tengah malam dan berpikir tidak akan memiliki cukup uang untuk membayar tagihan bulan ini. Anda adalah tipe orang yang selalu membayar tagihan-tagihan tepat pada waktunya. Anda harus berhenti mencemaskan masalah uang dan tumbuhkan rasa aman dengan menuliskan setiap kekhawatiran Anda dan mintalah rekomendasi perencana keuangan terbaik dari teman atau kenalan terpercaya.

5. Sang biksu. Anda memiliki kepribadian ini jika Anda tidak pernah berpikir untuk meminta kenaikan gaji, Anda takut berpikir tentang uang akan membuat Anda tamak dan terjatuh dalam budaya konsumerisme dan hedonis. Anda adalah seorang yang bisa memfokuskan diri terhadap sesuatu yang lebih penting dan bermakna dalam kehidupan namun hati-hati hal ini bisa membahayakan kehidupan finansial Anda. Jadi ingatkan diri Anda bahwa uang tidak selalu mendatangkan keburukan. Dengan uang Anda bisa memenuhi kebutuhan, membantu teman yang kesulitan, serta menyumbang untuk kegiatan amal.

6. Sang master. Ini adalah tipe terbaik yang mungkin Anda miliki. Anda menggunakan kartu kredit sewajarnya dan membayar lunas tagihan setiap bulan. Anda mampu menabung dan menginvestasikan uang untuk tujuan jangka panjang, dan memanjakan diri sendiri tanpa berlebihan. Anda mampu meningkatkan tarap hidup sementara uang yang Anda kumpulkan pun terus tumbuh. Dengan kemampuan Anda, Anda bisa menolong teman Anda yang memiliki masalah keuangan.

sumber : kaskus

0 Response to "Tips Mengatur Uang Sesuai Dengan Karakter Anda"

Post a Comment