Membuat Daftar List Atau Kategori Blog

Membuat Kategori Blog
Bagaimana cara membuat kategori/katagori (category) di blogger / blogspot? Itu pertanyaan yg diajukan Dhyan dan Hari itu cukup mudah dan sudah saya berikan jawabannya di guestbook. Agar jawabannya dapat bermanfaat juga bagi yang lain berikut cara step-by-step praktis dan mudah. Jangan lupa bagi blogger lama untuk meng-upgrade dulu blognya, pake template baru atau classic (lama) tidak masalah.

(1) Buat kategori di setiap posting. Kategori dalam istilah blogger / blogspot adalah LABEL. Di atas menu publish, ada kotak kosong di samping kirinya dg tulisan "Labels for this post:" Isi kotak kosong itu dg kategori yg ingin Anda buat, apabila lebih dari satu, pisah dengan koma. Contoh, refleksi, tutorial blog.

(2) Klik "publish".
(3) Coba cek hasil posting terbaru yg memakai label tsb. Di bawah posting, akan ada link 'label' yg Anda pasang. Dalam kasus saya "refleksi" dan "tutorial blog".
(4) Copy link label tsb (di browser IE dg klik kanan--> copy shortcut; di Firefox, klik kanan -->copy link location).
(5) Copy link label tsb di notepad. Biasanya link kategori adalah "http://alamatblog.blogspot.com/search/label/namakategori." Contoh kategori blog saya: http://kolom-mario.blogspot.com/search/label/tutorial-blog atau
http://kolom-mario.blogspot.com/search/label/refleksi.
(6) Buat link di sidebar atau header blog Anda dg alamat url link kategori tsb.

Apabila Anda lupa cara buat link di sidebar atau header, lihat tutorialnya di sini.

Catatan:

Walaupun kita dapat membuat kategori atau label sebanyak-banyaknya, namun untuk link kategori yg hendak dipasang di sidebar/header sebaiknya seperlunya saja. Antara empat sampai lima supaya tidak tampak 'ribet'.

Salam ngeblog!
http://kolom-mario.blogspot.com/2007/04/membuat-kategori-blog.html

0 Response to "Membuat Daftar List Atau Kategori Blog"

Post a Comment